Rabu, 11 Februari 2015

Bukit Tinggi Part II

Welcome again to jalan-jalan session, masih melanjutkan muter-muter di Bukit Tinggi, kali ini sedikit menjauh dari jam gadang. Pada sesi ini akan sedikit menampilkan lokasi yang berhubungan dengan alam yaitu lobang Jepang, Ngarai, dan Janjang Koto Gadang. Lobang Jepang sendiri merupakan gua-gua bawah tanah peninggalan tentara Jepang yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan persenjataan. Selain itu, terowongan yang berliku-liku dengan lebar sekitar 2 meter dan panjang sekitar 1400 meter ini juga digunakan sebagai tempat pengintaian, penjara, serta tempat penyimpanan senjata. Yang jelas Lubang Jepang sudah seperti basis bagi tentara Jepang sendiri ketika masa itu.

Memasuki lobang jepang bisa menjadi salah satu liburan bernuansa sejarah karena ita dapat melihat penjara-penjara tua serta berbagai peralatan jadul yang masih berada dan dibiarkan berada dalam lobang jepang itu sendiri. Selain itu, Lokasi lobang jepang yang berada cukup tinggi memungkinkan kita untuk melihat-lihat pemandangan kota dan alam sekitar. Banyak juga yang menjual souvenir yang bisa dijadikan cinderamata khas Bukit Tinggi yang dijual dengan harga yang pantas.
Selanjutnya adalah Ngarai dan Janjang Koto Gadang yang letaknya tidak terlalu jauh dari Lobang Jepang. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja sekitar 15 menit. Ngarai ini sendiri terdiri dari tebing-tebing curam dengan kenampakan yang sangat indah. Kita bisa melihat kenampakannya dari Lobang Jepang. Selain itu, keindahannya juga dapat terlihat dari Janjang Koto Gadang.

Janjang Koto Gadang sendiri merupakan replika dari Great Wall-nya China dengan panjang sekitar 1,7 km. Nama Janjang Koto Gadang sendiri diambil dari nama salah satu nagari atau desa yang ada dikawasan tersebut. Letak Janjang ini berada diantara perbatasan Bukit Tinggi dan Kabupaten Agam. Menyusuri Janjang Koto Gadang akan membuat kita menikmati pemadangan hutan dan jurang-jurang yang indah. Lembah yang indah dari Ngarai Sianok juga akan terlihat dari sini.
Oke, gak usah lama-lama, cek aja langsung yaaaa ....
Pintu masuk Lobang Jepang, Penulis bersama rekan-rekan seperjalanan
Salah satu bagian Lobang Jepang dengan view panorama alam yang indah
Ngarai dari Lobang Jepang

Kenampakan di dalam Lobang Jepang, terowong gelap yang penuh misteri, haha ..




Salah satu ruangan yang berada di dalam Lobang Jepang, Ruang Penyergapan, (Penulis bersama rekan-rekan perjalan di depan pintu penyergapan)




Ngarai dari Janjang Koto Gadang


Salah satu view menuju Janjang Koto Gadang, partner penulis bergaya dengan hamparan sawah dan dinding-dinding alam disekelilingnya


Mari menyusuri Janjang Koto Gadang, dua partner penulis memulai perjalanan



Dinding-dinding dari tebing yang menghiasi perjalanan menapaki Janjang Koto Gadang


Tinggi ... Flying ...



Di penghujung jalan, partner penulis mulai berpose


Penulis pun ikut mengabadikan diri di puncak Janjang Koto Gadang



Just feel it ...



Puncak ... No words here ...


okeeee, this the last, masih banyak sudut-sudut indah dan keren dari Bukit Tinggi yang belum terekspos. Yang asli jauh lebih keren dari apa yang nampak di Foto, so, come here ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Negeri di Awan

Di bayang wajah mu Ku temukan kasih dan hidup Yang lama lelah aku cari Dimasa lalu Kau datang padaku Kau tawarkan Kasih hati yang tul...