Jumat, 06 Juli 2018

Pesisir Selatan Explore III

Masih dari Kabupaten Pesisir Selatan, wilayah bagian selatan Provinsi Sumatera Barat. Kali ini yang akan dibahas adalah bukit bendera dan air terjun bayang sani. Kita langsung saja ke tempat yang pertama yaitu bukit bendera.



Bukit Bendera

Bukit Bendera, sebuah bukit yang berada di Kecamatan Bayang ini tidak terlalu jauh letaknya dari jalan raya Padang-Painan. Rute menuju Bukit Bendera ini jika dari arah Padang, setibanya di Pasar Baru Bayang akan ada jalan masuk di sebelah kiri yang merupakan jalan menuju Kecamatan Bayang dan Kecamatan Bayang Utara. Letak Bukit Bendera sekitar 10-15 menit dari jalan raya Padang-Painan. Akses menuju Bukit Bendera tidaklah sulit karena tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk. Di Bukit Bendera ini, pengunjung akan dikenai biaya parkir sekitar Rp. 2000/ Rp. 3000 per kendaraan jika untuk sepeda motor dan sekitar Rp. 5000 jika menggunakan mobil.


Okey, kita akan mulai menelusuri Bukit Bendera ...

bukit bendera bayang

Kamu akan disuguhi pemandangan alam sekitar ketika telah cukup tinggi melalukan pendakian. Hamparan sawah yang hijau dan kuning serta deretan bukit lainnya akan menjadi penyedap perjalanan. Sepanjang pendakian kita akan terhibur oleh indahnya pemandangan alam sekitar. Butuh sekitar 30 menit waktu untuk mendaki hingga ke puncak jika dengan kecepatan standar.

jon27

Hamparan sawah dan deretan perbukitan akan menyejukkan mata ketika lelah memaksa tubuh untuk beristirahat selama pendakian. Pemandangan serupa akan kita temui selama perjalanan menuju puncak.

jon27

Ini merupakan tanda bahwa kita telah sampai puncak. Dua buah ayunan yang menghadap ke hamparan sawah menjadi wahana yang cocok untuk bersantai sambil menikmati Bayang dari ketinggian.

merah putih

Bendera yang senantiasa berkibar ini selain menjadi penanda dari Puncak Bukit Bendera juga menjadi nama dari bukit ini sendiri. Merah putih didadaku!

kabupaten pesisir selatan

Spot foto utama Bukit Bendera adalah pohon ini, kamu tidak hanya bisa melihat hijau sawah dan perbukitan, namun juga lautan yang ada dibalik bukit dari sini. Dan berfoto disini keren juga, hehe ...

jon27

Bukit Bendera ini sangat indah, dan memiliki spot foto dari berbagai sisi yang keren keren, apalagi kalau kamu punya kemampuan foto yang baik, akan bisa mendapatkan berbagai foto keren dengan background yang indah.


Bukit Bendera termasuk rekomendasi kalau dari penulis. Lelahmu selama pendakian akan terbayar jika telah sampai puncak, dan pemandangan alam sekitar akan mampu membuat tenang bagi yang suka mencari ketenangan dari alam ...



Air Terjun Bayang Sani

Selepas Bukit Bendera, kita melanjutkan perjalanan menuju air terjun Bayang Sani. Untuk mencapai air terjun ini, kita hanya perlu melanjutkan perjalan menuju Kecamatan Bayang Utara yang jika dari Bukit Bendera membutuhkan waktu sekitar 10 menitan sampai kita menemukan plang menuju air terjun. Oh ya, di Kabupaten Pesisir Selatan ini dukungan untuk pariwisata sangat besar dari pemerintah sehingga tidak susah untuk menuju ke tempat-tempat wisata sebab sebagian besar lokasi wisata telah ditunjukkan melalui plang-plang sedari air terjun ambun sarasah di Siguntur, Kawasan Wisata Mandeh dan Pantai Batu Kalang serta tempat-tempat wisata lainnya, so, kita gak akan kesulitan untuk mendatanginya.

Disini, pengunjung akan dikenakan tarif parkir dan uang masuk objek wisata. Tarif parkir berkisar Rp. 2000-Rp. 5000 untuk sepeda motor dan mobil. Salah satu keresahan yang banyak terjadi di objek wisata di Sumatera Barat adalah uang masuk yang double, uang parkir dan uang masuk yang jika pada hari-hari libur bisa melonjak.

jon27

Air terjun Bayang Sani merupakan air terjun yang unik karena air terjunnya turun dengan mengaliri bebatuan dari puncak yang jika ditelusuri memilik ketinggian yang sangat tinggi dan butuh waktu berjam-jam untuk menyusurinya hingga ke hulu. Selain itu air terjun ini memiliki kolam air yang luas dan tidak terlalu dalam. Jadi, lokasi ini lebih recomendeed buat berenang, tidak hanya untuk berfoto-foto. Air yang jernih dan segar sangat menggoda untuk mandi. Disekitar air terjun banyak juga yang menjual makanan dan jajanan serta menyewakan ban untuk anak-anak. Wisata keluarga sangan cocok untuk air terjun ini apalagi aksesnya sangat mudah dan tidak memerlukan tracking berjam-jam. Semua rute telah bagus dan beraspal/beton.

air terjun bayang sani

Bagi yang ingin tracking, kamu bisa menyusuri puncak air terjun dengan melewati jalur darat dari samping samping air terjun. Butuh waktu berjam-jam untuk menyusuri, penulis sih belum pernah, hehe ...


bayangsani

Ini merupakan salah satu spot foto disini, mari membuat jejak ...



Dan ini adalah bukti tingginya air terjun ini, dan menurut warga sekitar, masih ada sekitar tujuh puncak dari air terjun, menantang bukan bagi mereka dengan jiwa petualang tinggi? Perlu dicoba, tapi lihat-lihat cuaca, karena waktu menuju hulu tidak sedikit, butuh waktu sekitar 2-3 jam menuju hulu, artinya butuh waktu kurang lebih 6 jam bolak-balik.


Baiklah, sedikit saja dari penulis tentang Bukit Bendera dan Air Terjun Bayang Sani, karena yang banyak itu kalau mengunjungi langsung ...


Sampai ketemu di tempat-tempat menarik lainnya di Pesisir Selatan dan Sumatera Barat




Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Negeri di Awan

Di bayang wajah mu Ku temukan kasih dan hidup Yang lama lelah aku cari Dimasa lalu Kau datang padaku Kau tawarkan Kasih hati yang tul...