Senin, 29 Oktober 2018

Part of Bangka, Menumbing


Bangka Belitung, sebuah provinsi kepulauan yang terdiri dari dua pulau besar yakni Bangka dan Belitung, juga mempunyai beragam keindahan. Salah satunya adalah Menumbing. Menumbing merupakan kawasan dengan ketinggian sebagai keunggulannya. Tempat pembuangan Presiden Soekarno dulunya di Bangka. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka keberadaan Pesanggrahan Menumbing di puncak Menumbing adalah saksinya.



Kedatangan di Menumbing akan disambut dengan ucapan “Selamat Datang di Menumbing”. Untuk masuk ke kawasan ini, kita harus membeli karcis masuk senilai kurang lebih Rp. 5000- Rp. 10.000.



Setelah dari sini, perjalanan menuju puncak adalah pendakian yang lumayan panjang dan terjal, namun penuh dengan tantangan.


Sesampainya di puncak, kita akan disambut oleh sebuah bangunan bergaya klasik eropa yang menawan.

menumbing

Inilah gedung yang akan menyambut kedatangan di puncak Menumbing, klasik namun menawan. Terdiri dari dua tingkat, nuansa eropa terlihat jelas dari luar serta dikelilingi oleh pemandang Bangka serta lautan luas.


puncak menumbing

Keindahan alam Bangka dari ketinggian Menumbing


bangka belitung

bangka island

pesanggrahan menumbing
Cuaca dan suasana langit saat itu sangat mendukung untuk menikmati Menumbing, langit biru mendominasi, ciri khas di daerah pulau.


Selanjutnya, menikmati suasana di dalam Pesanggrahan Menumbing yang kental dengan nuansa Soekarno


bangka belitung

bukit menumbing

Ruangan yang tertata rapi ini berisi berbagai barang-barang yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno seperti mobil antik tua serta koleksi poto-poto sejarah Indonesia. Selain itu, ada tempat penjualan souvenir juga disini mulai dari kaos hingga gantungan kunci. Uniknya gantungan kunci disini berbahan timah, sebagai bukti bahwa Bangka ini adalah penghasil timah di Indonesia. Karena berbahan timah, harga gantungan kunci ini juga lumayan tinggi dari biasanya

Oke, sekian dulu dari Menumbing. Ini tempat yang sangat direkomendasikan kalau kita ke Bangka, Instagramable and fotoable ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Negeri di Awan

Di bayang wajah mu Ku temukan kasih dan hidup Yang lama lelah aku cari Dimasa lalu Kau datang padaku Kau tawarkan Kasih hati yang tul...